10 Makanan Khas Sukabumi yang Lezatnya Hakiki

12 May 2019 by
10 Makanan Khas Sukabumi yang Lezatnya Hakiki

Makanan khas Sukabumi adalah salah satu destinasi kuliner di Jawa Barat selain Bandung dan Bogor. Letaknya juga nggak terlalu jauh dari Jakarta. Untuk pergi ke sana, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, kereta, travel, atau bus.

Banyak spot wisata yang bisa disambangi di kota yang satu ini. Makanan khasnya pun banyak banget jenisnya, mulai dari camilan sampai yang berat.

Apabila berencana pergi ke Sukabumi, jangan lupa luangkan waktu untuk wisata kuliner. Di sana ada bejibun makanan yang siap bikin kamu ngiler! Semoga referensi di bawah ini bisa jadi kamu icipi semua, guys!

Bubur Ayam Bunut

makanan khas sukabumi
www.garnesia.com

Ini adalah salah satu makanan yang terkenal di Sukabumi. Pada 1981, H. To’i menjual bubur ayam dengan pikulan. Lama kelamaan, buburnya laku keras, hingga akhirnya mangkal di dekat Rumah Sakit Bunut yang kini sudah ganti nama jadi RSU Syamsudin. Dari situlah awal mula bubur ayam Bunut dikenal banyak orang.

Saat ini, bubur Bunut sudah memiliki beberapa cabang di Sukabumi, salah satunya adalah Jalan Siliwangi. Tekstur buburnya lembut dan ditaburi berbagai macam topping, seperti ayam suwir, bawang goreng, jeroan, dan kerupuk.

Di sini juga disediakan risoles isi bihun sebagai makanan pendamping bubur. Jangan lupa tambahkan sambal dan sedikit kecap manis. Yummy!

Nasi Uduk Ungu

makanan khas sukabumi
www.dimanaja.com

Kalau di Jakarta ada nasi uduk Betawi, di Sukabumi ada nasi uduk ungu. Tampilannya memang unik. Warna ungunya didapat dari campuran buah bit dan ubi ungu. Penggagas sekaligus penjual nasi ungu yang paling terkenal di Sukabumi adalah Mamih Ungu.

Sama seperti nasi uduk lainnya, nasi ungu juga dimakan dengan berbagai macam lauk pauk, seperti ayam goreng, tempe, tahu, sambal, dan lalapan. Selain itu, ada juga nasi hijau yang terbuat dari bayam. Keduanya sama-sama enak dan wajib dicoba!

Bandros

makanan khas sukabumi
www.inews.id

Kue bandros sekilas mirip dengan pancong. Bedanya adalah kalau pancong berasal dari Betawi, sedangkan bandros dari Jawa Barat. Bahan untuk membuatnya juga nggak sama karena pancong nggak pakai tepung tapioka seperti bandros. Penjual bandros paling hits di Sukabumi adalah Bandros Atta.

Letaknya ada di Jalan Gudang, sebelum lampu merah perempatan ke Jalan Baros. Bandros yang dijual di tempat ini menggunakan resep yang diwariskan secara turun temurun sejak 1973. Kamu bisa pesan bandros dengan berbagai rasa seperti vanilla, cokelat, dan keju. Harga seporsinya dipatok mulai dari Rp8 ribuan saja.

 

Kue Mochi

makanan khas sukabumi
www.pricearea.com

Ini dia jajanan khas Sukabumi yang paling legendaris sejak jaman baheula! Mochi Kaswari Lampion adalah salah satu pelopor kue mochi yang ada di Jalan Bhayangkara. Dari tahun ke tahun, Mochi Kaswari terus melakukan inovasi.

Inovasi ini bisa dilihat dari isian mochi yang makin beragam, mulai dari kacang, cokelat, keju, hingga stroberi. Toko Mochi Kaswari selalu ramai pembeli, apalagi saat sedang musim liburan. Mochinya kenyal, isiannya banyak, dan tidak terlalu manis. Enak banget!

Roti Priangan

makanan khas sukabumi
www.gotravelly.com

Roti Priangan adalah salah satu roti legendaris di Indonesia selain Tan Ek Tjoan dan Liauw. Roti Priangan dibuat tanpa bahan pengawet. Jenis roti yang paling terkenal adalah yang berbentuk tanduk dengan isian mentega dan susu.

Ada juga jenis roti lainnya yang nggak kalah enak, seperti selai stroberi, cokelat, dan roti tawar. Roti ini punya rasa yang enak, selain itu teksturnya juga empuk!

Sagon Bakar

makanan khas sukabumi
www.bukalapak.com

Selain mochi, sagon bakar adalah camilan khas Sukabumi lainnya. Sagon bakar terbuat dari kelapa, aci, dan bahan lainnya. Rasanya gurih dan teksturnya renyah. Cocok banget jadi teman ngopi! Sagon bakar Ciaul adalah yang cukup terkenal di Sukabumi dan memiliki varian rasa, seperti cokelat, original, kopi, dan keju.

Sekoteng Singapore

makanan khas sukabumi
www.gotravelly.com

Isian sekoteng Singapore hampir sama dengan sekoteng pada umumnya. Bedanya ada pada remahan roti jahe. Semangkuk sekoteng Singapore hangat cocok banget dengan cuaca Sukabumi yang cenderung dingin. Menyeruput kuah sekoteng yang satu ini bisa langsung menghangatkan badan di malam hari.

 

Sate Aci

makanan khas sukabumi
www.idntimes.com

Sate Aci berbeda dengan sate ayam atau kambing karena terbuat dari tepung kanji atau aci yang dibentuk lalu ditusuk dan disiram bumbu kacang. Rasanya kenyal dan gurih seperti cilok. Camilan yang satu ini bikin perut kenyang dan juga ramah di kantong!

Kue Jahe

makanan khas sukabumi
www.gotravelly.com

Satu lagi camilan khas Sukabumi yang wajib dibeli sebagai oleh-oleh. Kue jahe rasanya manis dan bisa menghangatkan badan setelah disantap. Efek hangat didapat dari parutan jahe asli yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan kue.

Surabi

makanan khas sukabumi
www.gotravelly.com

Selain di Bandung, surabi juga terkenal di Sukabumi. Jenis surabi khas Sukabumi adalah yang terbuat dari campuran buah durian asli. Setelah matang, atasnya diberi parutan keju yang bercita rasa gurih.

Selain durian, ada juga jenis surabi lain yang bisa dipilih, seperti oncom, cokelat, dan stroberi. Salah satu tempat yang menjual surabi durian di Sukabumi adalah yang ada di Jalan Jenderal Sudirman.

Apabila mau liburan untuk waktu yang lama atau sekedar weekend getaway, bisa pergi ke Sukabumi. Banyak tempat wisata keren yang bisa dikunjungi dan juga wisata kuliner sampai puas! Dari pagi sampai malam, ada banyak jenis makanan yang bisa kamu santap. Dijamin kenyang dan nggak bikin kantong bolong!

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

366 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Ditta Riya 21 July 2019 | 13:30:42

wah makanan nya unik dan enak pastinya

Yama Sei 17 July 2019 | 02:24:47

wah ada kue yang terbuat daei jahe ya di sukabumi kira kira gimana tuh rasanya

ARING BABIK 13 July 2019 | 14:30:12

enak enak tuh kayaknya mau coba nanti

Halu Queen 12 July 2019 | 10:34:50

kue mochi tuh yg paling enak yakan

Thytha Octa 10 July 2019 | 19:29:31

boleh dicoba kalau sedang ada di Sukabumi

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top