5 Bahan Makanan Sisa yang Tidak Boleh Dibuang ke Wastafel

20 January 2019 by
5 Bahan Makanan Sisa yang Tidak Boleh Dibuang ke Wastafel

Hal yang paling sering dilakukan banyak orang usai menyantap makanan atau saat minuman masih tersisa adalah membuangnya ke wastafel. Ya, tak cuma digunakan untuk mencuci tangan, piring, atau makanan, wastafel juga kerap menjadi tempat pembuangan sampah kedua. Awalnya mungkin tak akan jadi masalah, namun, lama kelamaan, saluran air dalam wastafel bisa jadi mampet dengan berbagai residu yang dibuang ke dalamnya. 

Nah, tahukah kamu kalau ada beberapa bahan makanan yang dapat mencemari lingkungan sekitar bila dibuang begitu saja melalui saluran pembuangan air? Dilansir Expert Home Tips, berikut lima bahan makanan yang tak boleh dibuang ke dalam wastafel:

1. Tepung

Setelah membuat adonan kue atau gorengan yang menggunakan campuran tepung, terkadang kita terlalu malas untuk membuang sisa terigu yang menempel di dalam mangkok. Kita cenderung asal menyiramnya dengan air dalam wastafel. Padahal, terigu yang bercampur dengan air akan membuat teksturnya menjadi lengket dan liat. Hasilnya, saluran pembuangan air akan tersumbat dengan gumpalan-gumpalan terigu tersebut.

2. Susu

Sering membuang susu kemasan yang masih tersisa ke dalam wastafel? Ternyata kebiasaan tersebut dapat menimbulkan gangguan lingkungan yang cukup serius, lho! Susu membutuhkan jumlah kadar oksigen yang tinggi agar bisa larut, sehingga akan membuat makhluk hidup di lingkungan sekitar pembuangan air kekurangan oksigen. 

Untuk itu, selalu pastikan untuk mengecek tanggal kedaluwarsa dari susu yang kita beli, sehingga kita bisa menghabiskannya sebelum basi dan tak perlu membuangnya.

3. Minyak

Setelah menggoreng makanan, biasanya akan terdapat residu minyak yang masih menempel pada wajan, apalagi bila jumlah minyak goreng yang digunakan cukup banyak. Bila ingin mencuci wajan, jangan pernah untuk membuang sisa minyak tersebut ke dalam wastafel.

Minyak yang masuk ke dalam saluran pembuangan air akan membuat wastafel tersumbat, bahkan menyumbat seluruh pipa air yang ada. Untuk membuang sisa minyak, kamu bisa menunggu wajan hingga agak dingin, lalu mengelapnya dengan tisu hingga bersih.

4. Bubuk kopi

Saat minum kopi, biasanya ampas dari bubuk kopi akan tertinggal di dasar gelas, sehingga ikut terbawa aliran air saat gelas tersebut dicuci. Mungkin memang terlihat sepele, namun ternyata kopi bubuk yang dibuang ke dalam wastafel dapat menyumbat pipa air kita, lho! Hal ini disebabkan karena bubuk kopi tersebut akan menempel satu sama lain dan membentuk gumpalan yang bisa menyebabkan masalah pada saluran pembuangan air.

Sebaiknya, kumpulkan bekas bubuk kopi hingga benar-benar bersih, dan manfaatkan sebagai kompos tanamanmu. 

5. Biji buah dan gandum

Meski berukuran kecil, namu biji-bijian juga dapat menyebabkan masalah pada sistem pembuangan air. Entah itu biji jagung, biji apel, hingga biji chia yang mengembang saat terkena air, semuanya dapat membuat pipa pembuangan air kita tersumbat. Saat membersihkan sisa makanan dari piring atau mangkuk, pastikan tidak ada biji-bijian yang terjatuh dan masuk ke dalam wastafel, tak peduli sekecil apapun ukurannya. 

Agar lebih bermanfaat, kamu juga bisa menggunakan biji-bijian tersebut sebagai pupuk kompos ketimbang langsung membuangnya ke tempat sampah.

Apa Reaksi Anda ?

Love
33%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
33%

Kaget

Sad
33%

Sedih

Angry
0%

Marah

4117 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Didit Wahyu pratomo 21 February 2019 | 14:30:50

terimakasih atas informasinya dan kami terapkan

Dimas Firnanda 21 February 2019 | 13:37:10

makana tidak boleh dibuang ya mubazir

muhammad jun 21 February 2019 | 12:40:56

benar banget tuh bahan makanan tersebut bisa menyumbay

iyan af 21 February 2019 | 09:28:22

benar babget tuh bahan makanan tersebut bisa menyumbat wastafel

Muh Fadil 21 February 2019 | 09:08:33

menempel di dalam mangkok. Kita cenderung asal menyiramnya dengan air dalam wastafe

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top