Tips Anti Bosan: Ubah Hidangan Lebaran jadi Menu Baru!

17 June 2018 by
Tips Anti Bosan: Ubah Hidangan Lebaran jadi Menu Baru!

Namanya juga spesial untuk Lebaran, Anda sekeluarga tentu rela memasak dan menyediakan jumlah makan yang lebih banyak dari biasanya. Alhasil, seringnya menu seperti rendang, opor ayam, dan semur daging masih tersisa banyak setelah Lebaran lewat.

Sehari setelah Lebaran, makanan-makanan tersebut akan disimpan, lalu dihangatkan kembali agar bisa disantap pada hari-hari berikutnya. Sayangnya, bila sudah begini, rasa bosan mulai timbul terhadap makanan tersebut. Si kecil bisa saja mulai protes.

Nah, coba usir rasa bosan terhadap makanan tersebut, dengan mengolahnya kembali menjadi menu baru seperti di bawah ini. Apa saja?

1. Opor Ayam Jadi Ayam Bakar

Bosan dengan makanan yang bersantan? Cobalah sulap opor ayam Anda menjadi ayam bakar. Cara membuatnya cukup mudah. Cuci bersih dahulu dengan air hangat ayam opornya. 

Setelah itu, siapkan bumbunya yang terdiri dari daun salam, kecap manis, bawang merah dan bawang putih, ketumbar, cabe dan garam. Kemudian, haluskan dan tumis semua bumbunya. Lalu, campur ayam jadi satu dengan bumbu yang telah ditumis, ditambah dengan kecap, dan bakar ayamnya. 

2. Rendang digoreng

Sisa rendang Lebaran Anda bisa diolah kembali menjadi daging goreng. Hindari mencucinya sebelum digoreng, agar bumbunya tetap meresap pada potongan daging. Untuk menambah selera makan Anda, cobalah cocolkan daging goreng rendang tersebut pada sambal pedas. Hmmmm, nikmat!

3. Semur Ayam jadi Ayam Suwir

Bila semur juga masih tersisa, cobalah menyiasatinya menjadi ayam suwir, Moms. Sebelum disuwir, cucilah terlebih dahulu dengan air hangat. Setelah itu olah menjadi oseng-oseng suwir ayam, suwir ayam balado, atau dibuat menjadi makanan lain yang yang sesuai dengan selera keluarga Anda.

4. Bumbu Rendang dibuat Nasi Goreng

Sisa bumbu rendang Anda bisa diolah sebagai bumbu nasi goreng, Moms. Cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama-tama, campurkan nasi dengan bumbu rendang terlebih dahulu. Setelah tercampur, goreng dengan api kecil. Bila dirasa masih kurang, Anda bisa menambahkan dengan bumbu rempah lainnya. Lalu tambahkan telur, kikil, daging atau ayam sebagai pelengkapnya. 

5. Sambal Kentang jadi Perkedel

Coba olah kembali sambal kentang goreng hati sapi menjadi perkedel. Sebelum diolah, bersihkan terlebih dahulu sambal kentangnya. Lalu tumbuk halus kentang dan hati sapi. Setelah itu campurkan ke dalam potongan daun seledri dan daun bawang, tambahkan kuning telur dan garam. Setelah rata, bentuk kentang dan hati yang telah ditumbuk halus menjadi bulat. Kemudian kentang yang telah dibentuk campurkan ke dalam putih telur, lalu goreng. 

Apa Reaksi Anda ?

Love
87%

Suka

Laugh
13%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

1739 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Dani Cn 22 June 2019 | 17:08:09

waw pada enak enak baget makanan nya gua sampek ngiler uhhh

jdubdhdhris Muid 11 June 2019 | 12:08:06

waw pada enak enak banget ini bikin gua ngiler haduh

EZ hasandlo 08 June 2019 | 05:46:22

waduh apa ga aneh rasanya kalo di ubah gitu

Thole Utomo 29 May 2019 | 02:06:52

Saya sangat suka dengan mie ayamlah

faricha tama 29 May 2019 | 01:08:35

Kayaknya enak sekali kalau makan begini

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top